Kamis, 13 Januari 2011

Learning by Doing...


Lembah Palu, 14-01-2011

Assalammualaikum War. Wab.

Salam Persahabatan.. tuk smua...

"Mulailah.. dari yg anda yakini..(Soul..), Mulailah.. dari yg anda kuasai (Style..) dan Mulailah aksi nyatamu dgn terencana (Step by step..), kawan..."


Ditengah krisis.. Moral dan Kepemimpinan di negeri yg lucu ini (Republik Pencitraan...), begitu banyak hal2 yg menggelikan dan memuakkan.., pembangunan yg seharusnya meningkatkan kesejahteraan rakyatx.. malah hanya dinikmati sebagian kalangan.. tertentu, yaitu : 3L (Loe lg.. eLo lg.. Lu lg...hehehe...)

Setiap hari.. kita mendengar, melihat dan membaca.. begitu banyak "Pemimpin2 kita" yg mengambil kebijakan.. tetapi gak jelas ujung pangkalx.. yg slalu berakhir tak berbekas dan menguap hilang entah kemana, "Hukum harus ditegakkan.. yg salah harus ditindak !!!" begitu kata2 Penegak Hukum kita, tapi alih2 mo menegakkan hukum.. mereka jg malah ikut terlibat didalamx (nah.. lho...???)

Kita disini..gak usah.. ikut2an menjudge.. siapa yg salah dan siapa yg benar.. karena kita jg nanti ikut2an "Debat Kusir" yg gak jelas itu, cukup kita kembalikan ke diri kita, untuk saat ini kira2 kita harus bagaimana menyikapi keadaan dunia "Panggung Sandiwara" dimana kita berada... karena setiap diri kita diciptakan didunia ini tuk menjadi Pemimpin yg "Rahmatan Lil Alamien".. dan kita bertanggung jawab penuh atas "Amanah" yg diberikan oleh Sang Pencipta Alam Semesta. (ALLAH S.W.T)

Ketika kita mau berbuat..; maka pertama-tama yg harus kita kenali dulu.. siapa diri kita.., kemudian.. apa kemampuan kita.. dan bagaimana Proses Pelaksanaanx ???


  1. Kenali Dirimu : artix harus ada dulu..proses "penyadaran" kritis terhadap pemahaman dan paradigma yg kita pahami selama ini.. tentang hakikat keberadaan kita, moralitas kita.. hingga mau jadi seperti apa kita didunia ini...
  2. Apa Kemampuanmu : artix kita harus memulai dgn apa yg kita kuasai, keahlian yg kita miliki.. atw bahasa lainnya mealukan analisa "SWOT' terhadap skill kita...(plus minusx...)
  3. Proses Pelaksanaanmu : artix setiap perbuatan harus dimulai dgn perencanaan yg matang, serta strategi yg jelas terukur (step by step), sekaligus jg dimana dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaanx.. agar tdk salah arah. (Input - Proses - Output).
Setelah kita lakukan hal2 diatas.. langkah kedua adalah membangun "Team Work", karena sbg manusia biasa.. dan makhluk sosial.. kita tdk hidup sendiri di dunia ini, kita membutuhkan sebuiah "organisasi" atwpun "wadah" yg membantu "proses pelaksanaan" diatas, contohx seperti "keluarga, lingkungan t4 tinggal kita, hingga lingkungan kerja kita". pengenalan dan pemahaman masing2 terhadap "Tupoksix" harus dilakukan mengikuti kaidah maupun prinsip2 organisasi dan kemasyarakatan (Demokrasi yg Tdk kebablasan, Partisipatif secara menyeluruh, kepercayaan publik dgn melakukan Transparansi & Akuntabilitas setiap kegiatan, dll)

Yang Terakhir.. mingkin yg paling penting saat kita berbuat..adalah "SABAR" ; janganlah cepat berputus asa.. jika kita kena kritik dan caci maki ..(Ringkih & Panikan..) cepat puas atas sanjung dan puji dari siapapun (Sombong & Takabbur), coba slalu..enjooy.. dan selalu bersyukur atas setiap atas "Anugerah dan Musibah-Nya" dalam perjalanan , agar kita selamat "dunia akhirat", kawan... (wallahu a'lam...)

so.. mulailah kawan.. amalkan apa saja yg kita bisa perbuat.. jangan menunggu esok hari, karena belum tentu esok milik kita lg, mulailah dari yg kecil.. dan mulailah SEKARANG... !!!

good luck.. 'n see u...

Wassalam

2 komentar:

  1. Postingan ini pastinya dari apa yang telah didapat Om Ruslan selama ini.
    Keren om... Ditunggu kunjungan baliknya..

    BalasHapus